Tips Penting Untuk Pertumbuhan Anak Yang Sehat

Kesehatan bagi anak kita merupakan prioritas utama bagi orang tua. Orang tua tentunya mengharapkan buah hatinya tumbuh sehat. Kesehatan meliputi kesehatan rohani, jasmani dan ocial. Seorang anak bisa dikatakan sehat jika memenuhi tiga kriteria diatas. Zaman sekarang banyak sekali makanan yang mengandung pengawet. Anda sebagai orang tua harus berhati-hati dalam memberikan makanan kepada buah hati. Jangan sampai anak anda mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bagi kelangsungan tumbuh kembangnya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara merawat anak kita sendiri agar mereka dapat tumbuh secara normal dan sehat. Simak lah beberapa tips untuk Pertumbuhan Anak yang Sehat berikut ini.

Tips Merawat Anak Agar Tumbuh Sehat

Dalam kehidupan sehari-hari ciri-ciri Pertumbuhan Anak yang Sehat dapat dilihat dari beberapa faktor seperti naiknya berat badan dan tinggi badan yang teratur dan proposional, tingkat perkembangan yang sesuai dengan umurnya, tampak aktif atau gesit dalam kesehariannya, nafsu makan yang baik, pernafasan yang tidak berbau. Dari sini, kita dapat melihat dan menilai perkembangan anak kita. Pengertian normal pada orang awam tidak sama dengan pengertian dokter. Menurut kita, normal berarti biasa seperti biasanya. Namun menurut kedoketeran banyak aspek yang bisa dilihat ketika anak dikatakan normal.

Berikanlah anak anda asupan makanan yang cukup, jangan memberikannya terlalu banyak atau sedikit. Sebagai contohnya, jangan biarkan anak anda terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula. Gula dapat membuat perkembangan dan Pertumbuhan Anak yang Sehat anda tidak optimal jika mengkonsumsinya terlalu banyak. Selain itu, berilah makanan yang alami dan segar. Jangan berikan anak anda terlalu sering makanan yang mengandung banyak pengawet. Contohnya makanan cepat saji, usahakan jangan terlalu sering memberikan makanan seperti itu. Selain makanan, faktor penting lainnya adalah jadwal kegiatan. Aturlah jadwal kegiatan anak anda mulai dari bangun tidur sampai malam.

Dalam mengatur jadwal, anda harus bisa melihat kesenangan anak anda. Jangan terlalu memaksakan jadwal yang anda buat kepada anak anda jika anda tidak menyukainya. Luangkanlah waktu anda untuk anak anda. Perhatian anda sangat penting untuk Pertumbuhan Anak yang Sehat anda. Jangan biarkan pekerjaan anda membatasi waktu anda dengan anak anda. Jika anda sibuk bekerja di kantor, usahakan meluangkan waktu anda seminggu sekali bermain dengan anak anda. Dengan begitu, anda bisa mengetahui secara detil perkembangan anak anda. Hindari menonton TV secara berlebihan, jika anak anda sangat suka menonton TV usahakan membuat jadwal agar anak anda tidak terlalu sering menonton TV. Menonton TV akan membuat kesehatan mata anak anda terganggu jika dilakukannya secara berlebihan.

Hal yang paling kritis adalah gadget. Kebanyakan anak-anak zaman sekarang kini sudah menggunakan smartphone atau semacamnya. Hal ini bisa berakibat buruk terhadap faktor sosialnya. Anak yang terlalu sering bermain di depan smartphone akan lebih suka menyendiri dan tidak suka bergaul. Tentunya kita sebagai orang tua menginginkan anak anda untuk aktif dan berprestasi di kelas atau lingkungannya. Usahakan untuk tidak membiasakan anak anda dalam bermain gadget. Luangkanlah waktu anda untuk bermain bersama anak anda, sekedar untuk pergi keluar rumah atau taman, itu saja sudah cukup agar anak anda mempunyai kegiatan bersama orang tuanya. Nah itulah beberapa tips agar anak kita bertumbuh dan berkembang secara sehat dan normal. Jika anda merupakan orang tua baru, bersabarlah dalam merawat anak, jangan terlalu menggantungkan diri pada jasa baby siter atau semacamnya. Biarkanlah diri anda sendiri yang mengurus dan mengatur anak anda agar perkembangannya dapat lebih maksimal. Sekian artikel Pertumbuhan Anak yang Sehat pada kali ini, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply