Menjaga ibu hamil Muda Agar Tetap Sehat

Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan manapun. Pada kali ini, kita akan membahas kehamilan muda pada seorang ibu dan bagaimana cara menjaganya agar janin tetap sehat dan kuat. Jika anda seorang ibu yang sedang hamil muda, ada baiknya untuk membaca artikel ini sampai habis. Kehamilan muda merupakaan saat yang harus memperoleh perhatian khusus. Keluhan yang timbul pada masa tersebut, harus disikapi dengan tepat. Konsultasikan segera pada bidan atau dokter, jika timbul tanda-tanda bahaya dalam menjaga kehamilan. Namun, jika anda merasakan hal-hal aneh pada janin anda, jangan panik dulu. Jika ringan anda bisa mengatasinya sendiri. Nah, berikut adalah tips ibu hamil muda agar bisa menjaga janin agar tetap sehat.

Hindari Hal-Hal Berbahaya

Awal kehamilan atau sering disebut sebagai ibu hamil muda, merupakan saat- saat yang dapat membingungkan.  Dengan berbagai perubahan yang dialami, sebaiknya ditanggapi dengan tepat untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat. Anda harus bisa menyesuaikan diri anda saat anda hamil. Banyak sekali perubahan yang akan terjadi pada diri anda saat anda hamil. Banyak penyesuaian tubuh yang dipicu oleh hormon, hal ini berguna agar bayi dapat tumbuh dengan normal dan sehat dalam kandungan. Hidarilah hal-hal berbahaya seeperti rokok, minuman beralkohol, dan membatasi kafein. Hal tersebut merupakan salah satu faktor resiko terbesar yang dapat mengakibatkan bayi anda keguguran atau yang paling parah bayi cacat atau lahir premature.

Tentunya anda semua tidak ingin hal tersebut terjadi, maka mulai dari sekarang bagi anda yang merokok dan minum minuman keras, hentikan. Saat ibu hamil muda juga anda harus memperhatikan kondisi emosional, kehamilan dapat memicu berbagai emosi, seperti gembira, bersemangat hingga gelisah dan lelah. Ibu hamil seringkali cemas mengenai kondisi bayi hingga kemampuan mengasuh. Jangan sampai hal tersebut membuat anda stress. Stress bisa mengakibatkan gangguan pada janin anda. Usahakan untuk tetap senang dan mengatur emosi anda.

Untuk ibu hamil muda hindari pekerjaan dibawah tekanan. Jika anda seorang yang sibuk. Kurangilah pekerjaan anda atau jika perlu ambilah cuti demi perkembangan janin anda yang lebih baik. Jika anda sudah terlepas dari stress anda juga harus menjaga hubungan dengan suami anda. Kehamilan akan membuat emosi anda tidak setabil dan labil. Jelaskan kepada suami anda agar suami anda dapat memaklumi dan mengerti anda. Jangan sampai hubungan anda dengan suami anda renggang karena kehamilan. Langkah penting terakhir adalah melakukan pemeriksaan ke bidan atau dokter. Lakukan pemeriksaan pada bidan atau dokter kandungan secara teratur. Kunjungan pertama, umumnya seputar kesehatan ibu hamil dan menentukan usia kehamilan.

Pemeriksaan awal pada kehamilan trimester pertama juga ada kemungkinan mengidentifikasi faktor risiko dan memeriksa kelainan kromosom pada janin. Pemeriksaan pada kehamilan trimester pertama yang normal yaitu per enam minggu. Jangan malu untuk mengajukan pertanyaan mengenai kehamilan atau rencana persalinan nanti pada bidan atau dokter kandungan Anda.  Usahakan untuk mengeluarkan semua keluhan anda jika anda bertemu dan berkonsultasi dengan dokter. Tanyalah semua pertanyaan anda jika anda belum jelas. Kehamilan muda memang butuh perhatian yang khusus apalagi jika itu adalah kehamilan pertama. Selain itu pastinya, kita sebagai orang tua ingin agar anak kita bisa lahir dengan selamat bukan? Nah, itulah beberapa tips cara menjaga kehamilan, semoga artikel ini dapat membantu anda dan menjadi sebuah referensi ibu hamil muda yang mungkin bisa berguna juga untuk orang di sekitar anda.

Leave a Reply